DARI PT INTI UNTUK INDONESIA TERANG

Pada Jumat, 9 Februari 2018, berlokasi di lokasi Desa Balang Datu, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, PT INTI (Persero) menggelar hajatan peresmian pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Balang Datu yang digarap 2016 lalu. Proyek yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana ini merupakan upaya pemerintah untuk percepatan elektrifikasi nasional.

Proyek PLTS Terpusat yang masuk pada tahun anggaran 2016 ini memiliki kapasitas daya 100 kWp dan tersebar di tiga desa di Kabupaten Takalar, yaitu Desa Balang Datu sebesar 100 kWp, Desa Mattirobajji sebesar 30 kWp, serta Desa Rewataya sebesar 50 kWp. Setelah proyek rampung, setidaknya 405 rumah dan 16 fasilitas umum mendapatkan penerangan listrik.

Bahkan, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar Nirwan Nasrullah pun mengutarakan rasa terima kasihnya atas terbangunnya PLTS ini. Sebab, kini, anak-anak di wilayah tersebut dapat belajar di malam hari, serta masyakat desa yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani juga dapat mengembangkan usahanya lebih baik lagi. Semoga pembangkit listrik yang telah dibangun dapat memberikan nilai tambah kepada kehidupan masyarakat untuk menuju masyarakat yang adil dan sejahtera. ***  

Berita lainnya